10
Mar
10

Bahaya Sampah Akibat Hujan

4011sampah-din250-yudi-1.jpg

Alam dan cuaca di Indonesia lagi cenderung mengancam kuda besi tunggangan brother semua. Musim hujan yang bisa bikin banjir dan mendadak panas, tentunya bikin sampah atau partikel lain yang membahayakan buat motor sampeyan. Faktanya, sampah bisa jadi masalah besar untuk motor.

Fakta terjadi karena sampah kertas bikin api di pipa knalpot. Gara-gara kantong plastik bekas mesin malah jadi overheat. Akibat sampah masalah besar bisa mengancam tunggangan sampeyan. Karena sisa barang-barang yang bertebaran di pinggir jalan problem panjang bisa jadi bawa malapetaka.

Kebetulan masalah karena sampah kejadiannya ada di Kawasaki Ninja 250R. “Saya geleng-geleng kepala kok bisa kejadian api muncul mendadak dari leher knalpot dan mesin terus-terusan overheat,” jelas Reiner Sitorus, Technical Service Manager, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Jakarta.4012sampah-din250-yudi-2.jpg

Api muncul karena kertas yang menempel di leher knalpot. Bisa jadi enggak cuma menimpa di Ninja 250R. Tapi juga di motor merek dan jenis apapun bisa mengalami hal serupa. Itu karena leher pipa pembuangan termasuk bagian yang terbuka. Apalagi di bebek dengan mesin horisontal, juga posisi leher knalpot menghadap ke bawah.

Tambahan lagi, bagian paling tinggi suhunya di mesin motor ada di lubang buang dan leher knalpot. “Itu juga kemungkinan besar karena sampah. Menempel di leher knalpot, jadi terbakar deh,” ungkap Reiner yang berkantor di kawasan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Paling gawat mesin overheat mendadak yang dialami Ninja 250R. Awalnya memang sulit dicari penyebabnya. Pas dicek enggak tahunya ada kantung plastik nyangkut di kipas radiator. Wah, wajar kalau mesin jadi panas di atas normal. Itu karena kerja KR15pendinginan air radiator jadi enggak sempurna. Ya, apalagi kalau bukan karena baling-baling kipas dililit plastik.

“Saya tanya pemiliknya. Muncul problem setelah melewati genangan banjir. Mungkin dari genangan banjir itu sampah plastik tadi berasal,” ulas Renier yang berkacamata itu.

Pastinya, sekali lagi diingatkan untuk tetap waspada. Di musim hujan yang terus-menerus disertai panas begini. Partikel atau sampah yang mungkin bisa menyusup ke bagian terpenting komponen luar.

Ambil contoh lain dari kampas rem kaliper. Setelah dicek MOTOR Plus, kampas brake pad nonasbestos memang sangat mudah runtuh. Ada benarnya juga kalau nonasbestos mudah atau bahkan gampang diselipi kerikil atau partikel keras yang juga bisa bikin cacat di cakram.

Contoh kasus lainnya juga menimpa di Ninja 250R. Sekali lagi, hanya sekian banyak laporan, masalahnya akibat faktor non teknis. Radiator juga bisa jadi target empuk kotoran nempel.

Ancaman kotoran nempel di radiator bukan cuma kejadian di Ninja 250R. Motor lain yang sudah aplikai radiator juga bisa mengalami kejadian seperti itu. Ya, seperti Yamaha Jupiter MX 135LC atau V-ixion. Bahkan, bisa jadi ada yang pernah mengalami masalah serupa di motor lain.

Jadi, sampah dari banjir atau genangan air juga bisa bikin masalah.

Penulis/Foto : Niko/Yudi

http://www.motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/1758


0 Responses to “Bahaya Sampah Akibat Hujan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: