15
Des
09

Kampas Rem Depan Mio Soul Pake Jupiter MX

kampas remMeski masih kategori motor keluaran baru, kadang mencari spare-partnya agak sulit. Bisa jadi stoknya masih terbatas. Seperti diakui Bekti, waktu butuh kampas rem depan Yamaha Mio Soul 2008-nya, di beberapa tempat tak tersedia.

Padahal, ya itu skutiknya masih terbilang muda. ”Masak penyebaran onderdilnya masih belum merata ke toko-toko komponen?” bingung Bekti enggak habis pikir. Ia pun penasaran dan bertanya, mungkinkah ada komponen penggantinya yang cocok?

Tenang! Jika mendapat kendala tersebut, jangan keburu demo atau berorasi di depan kantor produsen pembuat motor itu. Mending cari part substitusinya. “Repot amat. Pake punya Yamaha Jupiter MX bisa, kok,” bilang Uki.

Oh ya, Uki adalah mekanik umum dari GMotor. “Bentuk fisiknya lebih tebal sekitar 1 mm dari standarnya (gbr.1). Sedang harganya, Rp 85 ribu. Yah, lebih mahal Rp 5-10 ribu dari milik Soul,” tambah mekanik kreatif ini.

Untuk cara pasangnya gampang, kok! Karena kampas rem depan MX langsung masuk, tanpa mengubah apapun dan lebih pakem serta jarak main tuas rem juga lebih pendek. Sekarang, yuk praktikkan. Alat bongkar pasangnya; kunci L-8 bintang, tang dan obeng minus (-) beserta kampas rem depan tadi (gbr.2).


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Sudah? Sekarang pro ses penger jaannya. Pertama, le pas kan baut kaliper pakai kun ci L-8 bintang dari sokbreker dan cakramnya (gbr.3). Setelah kaliper lepas, dilanjutkan dengan mencabut 2 klip pengunci kampas rem tersebut (gbr.4).

Eit, kampasnya jangan dicopot dulu! Tekan pistonnya ke dalam pada kaliper bersama kampas rem itu pakai obeng minus, baru lepas dari dudukannya. Gunanya, agar lebih memudahkan saat pemasangan ke dalam cakram. Oo.. begitu, toh!

Nah, kalo sudah dilepas, se kalian dibersihin agar kinerja pe ngereman bisa lebih maksimal. Untuk mengusir debu atau kotoran yang menempel, gunakan kuas kawat kecil atau dicuci air sabun pakai sikat gigi tak terpakai.

Setelah beres, pasang kampas baru berikut peranti pendukungnya. Trus, pompa kembali tuas rem hingga seperti semula. Oh iya, klipnya jangan sampai lupa terpasang. “Kalo lupa, kampas bisa lepas, bahaya tuh!” tutup pria yang buka bengkel di Jl. PU Pengairan, Bintaro, Tangerang.


0 Responses to “Kampas Rem Depan Mio Soul Pake Jupiter MX”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: