20
Nov
09

Biang Gula Usir Kerak

Karena jarang dibersihkan, biasanya debu atau kotoran yang lama nempel di motor bakal mengeras. Terutama di bagian pelindung rangka model plastik kasar, atau kulit pembungkus dengan permukaan berpori. Butuh tenaga ekstra untuk mengusir kerak bandel itu sampai rontok.

Itu cara dulu. Sekarang nggak perlu ngotot, apalagi sampai keluar otot. Sebab Kurnadi mekanik spesialis tunggangan roda empat di Jl. Bangka Raya, Jakarta Selatan, punya trik jitu membersihkan kotoran membandel itu. Cukup pakai Sodium Cyclamate alias biang gula, kotoran bisa dengan mudah disingkirkan...

“Ini dari pengalaman. Waktu itu mau membersihkan dasboard dan pelindung matahari mobil yang sudah ditimbuni jamur. Sodium Cyclamate yang punya kemampuan sebagai pelarut ditambah sedikit bubuk deterjen dan air panas, kerak jamur atau debu bandel lepas sendirinya,” beber Kurnadi yang mengklaim trik ini bisa dilakukan pada komponen motor seperti di atas.

Untuk mencampur menyiapkan sodium cyclamate yang bisa di grosir khusus makanan dengan banderol Rp 1.800 dapat satu bungkus. Kemudian masukan seperempat biang gula ke dalam gayung yang sudah berisi air panas setengahnya .

Berikut, masukan setengah sendok makan bubuk detergen. Ini berfungsi bikin gampang proses pencucian nantinya. Baru deh oleskan adonan tadi ke cover plastik atau bagian komponen yang permukaannya berpori. Sambil menunggu sekitar 5 menit agar cairan tadi bereaksi.

Kalau sudah pada waktunya, lanjut cuci dengan air bersih ke semua permukaan yang sudah dioleskan (gbr. 3). Trus, keringkan lewat cara ditiriskan dengan lap pengering. Coba lihat hasilnya.

http://catmotor.wordpress.com/2006/11/02/biang-gula-usir-kerak/#more-23


0 Responses to “Biang Gula Usir Kerak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: