16
Nov
09

SAFETY RIDING


Mengendarai sepeda motor, memiliki resiko kecelakaan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kendaraan lain dan kecelakaan yang terjadi tidak hanya bisa menimpa pengendara saja tetapi juga orang lain, penyebabnya bisa berbagai hal mulai dari kondisi sepeda motor, kondisi lingkungan, kondisi fisik pengendara,cara mengendarai dan yang utama kondisi mental pengendara.

Untuk itulah kita mengenal bahkan mungkin ada yang pernah mengikuti berbagai program safety riding atau defensive riding guna meningkatkan keterampilan kita mengemudikan sepeda motor, kemudian.. kita juga sering melihat berbagai rambu/tanda yang memberikan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar kita yang berkaitan dengan lalu lintas kendaraan, kita juga mengenal keharusan service rutin untuk kendaraan kita guna mempertahankan kondisi terbaik kendaraan kita, juga kita mengetahui bahwa ada undang-undang lalu-lintas yang
khusus mengatur masalah lalu lintas, tetapi semua itu tidak akan menjamin keselamatan kita dijalan jika sikap dan kondisi mental kita tidak mendukung.

YMML sebagai komunitas pengendara sepeda motor dimana resiko kecelakaan yang cukup tinggi, memiliki anggota yang memiliki latar belakang pendidikan menengah keatas dan didukung oleh kondisi sosial ekonomi yang cukup memadai, serta berada dalam satu keluarga besar dalam satu wadah dan karakter member yang seperti ini bukan lagi masanya mendapatkan pemahaman tentang hal-hal diatas melalui suatu doktrin yang kaku, tetapi melalui pendekatan mental sehingga pelaksanaan safety riding bukan lagi suatu pemaksaan tetapi telah menjadi suatu kebutuhan.

Safety Riding Team adalah bagian dari Komunitas yang memiliki fungsi
salah satunya adalah mengingatkan member untuk terus memperbaiki sikap mentalnya tentang safety riding.

Atas pemikiran seperti diatas, maka dipandang perlu menyampaikan beberapa hal yang harus diketahui oleh member baru ataupun Lama tentang upaya pemahaman safety
riding dikalangan bikers

1. HELM
Seperti kita ketahui bahwa kepala adalah bagian paling vital dari anggota badan kita, celakanya kepala adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki resiko tinggi menerima benturan saat terjadi kecelakaan, untuk itulah Safety Riding Team mewajibkan semua membernya menggunakan dengan benar Helm untuk pengemudi
maupun penumpangnya. Helm yang baik adalah secara fisik mampu memberikan perlindungan menyeluruh pada bagian kepala, seperti pada bentuk Full Face atau Half Face, sementara untuk untuk helm Cetok, Safety Riding Team sangat tidak mengajurkan untuk menggunakannya.

2. SEPATU
Banyak yang meremehkan tentang penggunaan sepatu dikala kita mengendarai sepeda motor, tetapi faktanya sudah banyak pengendara Sepeda motor mengalami kecelakaan cukup serius dikakinya saat mengendarai sepeda motor, Safety Riding Team menghimbau agar
menggunakan sepatu saat berpergian dengan sepeda motor, dan mewajibkannya saat
touring.

3. JAS HUJAN
Banyak rupa jas hujan, tapi tahukah anda, bahwa jas hujan model ponco justru membawa maut bagi pemakainya ?? berkibarnya jas hujan model ponco akan memiliki kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain, beberapa kasus tentang hal ini sudah terjadi, Safety Riding Team mewajibkan bikers tidak menggunakan jas
hujan model ponco.

4. KACA SPION DAN LAMPU PENERANGAN
Dengan kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi baik kita akan mudah memahami kondisi lalu lintas disekitar kita sehingga memberikan waktu yang cukup untuk bereaksi, Safety Riding Team mewajibkan seluruh sepeda motor memiliki kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi dengan baik.

5. MEMATUHI ATURAN LALU LINTAS
Ada hubungan yang jelas antara keselamatan mengendarai sepeda motor di jalan dengan mematuhi aturan lalu lintas, Safety Riding Team selalu mengingatkan dimanapun berada untuk berhenti dibelakang garis putih saat lampu merah menyala, dan tidak memasuki jalur cepat yang bukan diperuntukan sepeda motor.

6. MENGGUNAKAN SIRINE
Sirine hanya boleh digunakan oleh aparat pemerintah yang memiliki wewenang untuk menggunakannya, Safety Riding Team melarang penggunaan sirine kecuali untuk petugas touring resmi yang mendapat izin dari kepolisisan.

7. SOPAN DAN BERETIKA
Jalan raya bukan hanya milik pengendara sepeda motor apa lagi member INBIKE saja, untuk itu diminta agar mengedepankan sikap saling menghargai kepada sesama pengguna jalan dan mau menolong sesama pengguna jalan terutama sesama bikers dan pengguna motor lain yang mengalami hambatan di jalan. Jadilah contoh yang baik untuk pengendara lain.

8. MEMATUHI ATURAN TOURING
Untuk keselamatan dan kenyamanan touring, Safety Riding Team sedang menyusun prosedur safety touring, prosedur ini bersifat wajib untuk diikuti oleh peserta touring. Mohon bantuan ide, saran dan tanggapan dari semua rekan-rekan untuk bersama-sama menyusun protap Safety touring.

Delapan point tersebut selalu diingatkan oleh Safety Riding Team kepada semua bikers tanpa terkecuali melalui berbagai cara, diantaranya adalah melalui program publikasi di milist YMML, ketika anda sebagai member lupa menjalankannya, maka identitas anda berikut kesalahannya akan tertulis disemua media informasi dan komunikasi

BEBERAPA TIPS Safety Riding.

· Cek dan jaga selalu kondisi sepeda motor anda, karena anda yang paling mengetahui kondisi layak dan tidaknya motor anda.
· Biasakan melakukan pengereman dengan menggunakan rem depan dan belakang bersamaan, dengan penekanan 60 % rem depan, 40 % rem belakang, pada saat menekan tuas rem depan gunakan 3 atau 4 jari anda, dan posisi tuas kopling tidak tertekan, latih teknik pengereman ini sehingga ketika mengerem mendadak tidak terjadi penguncian putaran ban.
· Jangan menikung atau menyalip kendaraan lain, jika anda tidak bisa melihat kondisi didepan anda.
· Selalu gunakan pakaian yang sesuai, dan mudah dlihat.

SEKILAS TENTANG Safety Riding Team

Safety Riding Team bukan Provost , melainkan bagian dari bikers yang merencanakan dan melaksanakan berbagai program kerja agar safety riding bisa berjalan dengan,baik di kalangan bikers dan pengguna sepeda motor umumnya, beberapa program kerja diantaranya adalah sedang menyusun dan telah menerapkan prosedur safety touring, dan
Kampanye safety riding dikalangan sendiri.

Safety Riding Team terbuka bagi semua member untuk memberikan saran,ide atau gagasan atau bahkan Mau bergabung bersama-sama untuk menyusun program kerja ataupun Protap safety touring, dengan
syarat utama memiliki komitmen untuk bekerja dan disetujui oleh Safety Riding Team,

http://yamaha-matic.4umer.com/article-s-f2/tips-safety-riding-t27.htm


0 Responses to “SAFETY RIDING”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: