15
Nov
09

Kans Doni Tata

Harapan pencinta, pemerhati dan komunitas balap motor Indonesia, tetap besar pada Doni Tata. Dia satu-satunya pelaga Indonesia yang ikut kejurdu alias kejuaraan dunia saat ini. Walau di World Supersports (WSS), tingkatannya tetap dunia, bos.
Seri 14 WSS pada 4 Oktober 2009 di sirkuit Magny Cours, Perancis, kemarin, Doni kembali ambil bagian. Sayang, cedera bahunya belum pulih total. “Di event ini juga terganggu masalah rem depan. Untuk melakukan pengereman dekat, kurang menggigit. Terpaksa keluar dari lomba pada lap 13,” kabar Doni dari Perancis….

Doni adalah pembalap berbakat alam. Adaptasinya kurang cepat, lantaran iklim balap motor Indonesia sendiri. Yu tahu kan, basis balapan Indonesia melulu bebek. Dari dasar kecepatan sampai riding potition, bebek jauh dari semua balapan saat ini.

Doni telah berusaha keras untuk itu. Paling kesulitan, jelas menangkis kecepatan. Semakin cepat yang ditunggangi, makin butuh keterampilan dan keberanian. Sementara, modal bawaan Doni, hanya bebek. Dia pun kudu belajar dari mula.

Doni coba menjawabnya. Kendalanya, ya, modal awal tadi. Jika nyali dikeluarkan, Doni akan bermain paksa. Memaksakan diri, maksudnya. Hasilnya di sirkuit Misano atau seri ke-8 di Italia, Doni cedera. Dia terjatuh.

Empat tahun menggeluti tipe sport, Doni mulai menyatu. Terutama dengan Yamaha YZF R6. Dia juga mulai bisa pegang bodi dan membawa mesin R6 korekan ala WSS. Buktinya di sirkuit Kyalami, Afrika Selatan, Doni bisa posisi 14. Prestasi luar biasa.

Edmond Cho yang setia mendampingi Doni, punya komentar. Katanya, “Doni mulai biasa menutup gas dekat tikungan dan cepat membuka selongsong gas. Itu kunci bermain balap motor,” papar Edmond.

Nah, lanjutkan.

http://www.motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/1314


0 Responses to “Kans Doni Tata”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: