06
Nov
09

Ban Skubek Gampang Bocor

1222285p
Barangkali tidak sedikit pemilik skubek mengeluh ban motornya gampang pecah. Terutama yang menggunakan ring 14 inci. Jangan buru-buru menyalahkan kualitas ban. Ada baiknya telusuri biang penyebabnya dulu…

Menurut Sartono Aji Prabowo dari bagian klaim dealer Suzuki Indomobil, Bintaro, sampai saat ini belum ada klaim ban skubek sering bocor. Bocornya ban juga tidak berpengaruh dari ukuran ban skubek yang lebih kecil dari bebek atau motor sport.

Biang penyebabnya, bisa jadi lantaran kurangnya tekanan angin. Hal ini mempercepat proses kembangan ban menipis. “Kalau garis tengah ban luar sudah mulai menipis, mending segera ganti,” saran Bowo – sapaan akrab Satono.

tire
Faktor lain, ada benda tajam – bisa berupa paku, serpihan kaca, kawat atau potongan besi kecil – menamcap di ban. Saat mendapat beban berat, benda itu dapat merobek ban dalam. Terlebih – ini kebiasaan pemilik motor – suka memaksakan motor dijalankan saat kondisi ban kempis. Dampaknya, selain ban dalam hancur, membuat sisi dalam ban jadi kasar.

Velg
Ciri kalau bagian dalam ban kasar saat ban dilepas dari pelek. Banyak sampah berupa serpihan karet. “Jika kondisi ban luar sudah seperti itu, baiknya ganti baru,” ujar Technical Support FDR Dwi Juwono.

ban
Terpenting lagi, jika punya waktu senggang, perhatikan sekeliling permukaan ban. Jika ada benda tajam segera cabut. Kemudian, periksa juga bagian dalam pelek. Jika kondisinya berkarat, juga bisa jadi pemicu pecahnya ban. Untuk mencegahnya, lapisi dengan karet ban dalam bekas.


0 Responses to “Ban Skubek Gampang Bocor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: